Jasa Buat Aplikasi Android iOS
Jasa Buat Aplikasi Android iOS



Cara Mengatasi Kendala Sistem Aplikasi Ojek Online

By BALIMOBI
Cara Mengatasi Kendala Sistem Aplikasi Ojek Online

Kendala apa saja yang umum terjadi pada sistem aplikasi ojek online? Sudah punya aplikasi ojek online tapi menemui beragam kendala? Informasi berikut ini akan memberikan Anda gambaran kendala yang terjadi pada sistem aplikasi ojek online dan cara untuk mengatasi kendala pada aplikasi ojek online. Informasi ini akan berguna untuk bahan edukasi tim IT internal perusahaan Anda sehingga bisa mengambil langkah-langkah yang tepat saat sistem aplikasi ojek online milik Anda menemui kendala.

Bagian Utama Sistem Aplikasi Ojek Online

Sistem aplikasi ojek online termasuk sistem Client-Server. Sama seperti sistem client-server pada umumnya terdapat 3 bagian utama yaitu client, jaringan internet dan server. Berikut ini mari kita bahas bagian sistem aplikasi ojek online tersebut satu persatu :

  1. Client / Smartphone / Komputer
    Yang dimaksud sebagai client dalam hal ini adalah smartphone yang Anda gunakan. Aplikasi ojek online berjalan di dalam smartphone tersebut. Itu artinya smartphone bertugas menjalan aplikasi, menampilkan informasi, mengolah data secara lokal, mendeteksi lokasi serta menggunakan beragam fitur-fitur yang tersedia pada smartphone tersebut.

  2. Jaringan Internet
    Agar aplikasi pada smartphone dapat berjalan, smartphone perlu mengakses server untuk mendapatkan data dari server ataupun memberikan data ke server. Agar smartphone dapat terhubung ke server maka diperlukan jaringan internet sebagai perantara.

  3. Server
    Server berfungsi untuk menyimpan dan mengolah data. Saat aplikasi pada smartphone meminta data ke server (request), server akan mengolah data pada database untuk selanjutnya mengirimkan data yang diminta ke aplikasi pada smartphone (response). Aplikasi pada smartphone juga bisa mengirimkan data ke server untuk selanjutnya diolah dan disimpan oleh server.

Demikian bagian uatama dalam sistem aplikasi ojek online. Bagian-bagian ini penting untuk diketahui agar jika menemui kendala, Anda bisa menggunakan solusi yang paling tepat untuk mengatasi kendala tersebut.

 

Cara Menganalisa Kendala Pada Sistem Aplikasi Ojek Online

Setelah mengetahui bagian utama pada sistem ojek online, kini Anda bisa menganalisa bagian mana dari ketiga bagian tersebut yang mengalami kendala. Sangat penting untuk mengetahui bagian yang mengalami kendala dalam sistem aplikasi ojek online sehingga Anda bisa melakukan perbaikan dengan fokus dan tepat pada sumbernya. Berikut ini cara menganalisa bagian mana yang mengalami kendala dalam sistem ojek online :

  1. Kendala Pada Client / Smartphone / Komputer
    Kendala pada smartphone memiliki ciri khas yaitu : Tidak Bisa Berjalan Pada Suatu Smartphone, Tapi Bisa Berjalan Pada Smartphone Yang Lain.
    Jika menemui kendala dengan ciri khas seperti ini, maka dapat dipastikan kendala ada pada smartphone tersebut. Contoh kendala pada smartphone misal OS tidak kompatibel, tidak memiliki akses internet, tidak bisa mendeteksi lokasi, fitur tertentu tidak tersedia dan masih banyak lagi.

  2. Kendala Pada Jaringan Internet
    Kendala pada jaringan internet memiliki cara khas yaitu : Tidak Bisa Diakses Pada Suatu Internet Provider, Tetapi Bisa Diakses Menggunakan Internet Provider Lain.
    Contoh kendala pada jaringan internet yaitu server tidak bisa diakses pada jaringan internet Indihome, tetapi bisa diakses menggunakan jaringan internet XL. Pada contoh ini kemungkinan jaringan internet Indihome sedang mengalami masalah.

  3. Kendala Pada Server
    Kendala pada server memiliki ciri khas yaitu : Tidak Bisa Diakses Oleh Smartphone Manapun dan Jaringan Internet Apapun.
    Jika aplikasi pada semua smartphone tidak bisa mengakses server meskipun sudah menggunakan beragam internet provider maka kemungkinan besar kendala ada pada server. Misal server sedang down.

Setelah menganalisa bagian yang mengalami kendala pada sistem ojek online, kini Anda bisa mengambil langkah dan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut.

Solusi Cara Mengatasi Kendala Pada Sistem Aplikasi Ojek Online

Setelah menganalisa dan mengetahui bagian pada sistem aplikasi ojek online yang mengalami kendala, berikut ini akan kami informasikan solusi alias cara mengatasi kendala pada sistem aplikasi ojek online.

  1. Solusi Kendala Pada Smartphone / Komputer (Client)
    Kendala pada sisi client dalam hal ini smartphone bisa beragam. Jika kendala terjadi pada smartphone maka yang perlu dibenahi adalah smartphone tersebut. Misal menyesuaikan setting smartphone, memastikan versi OS kompatibel, memastikan koneksi internet memadai dan lain lain.
    Kabar baiknya untuk urusan cara setting dan optimasi smartphone sudah kami buatkan video pada channel YouTube kami (https://www.youtube.com/c/balimobi), jadi Anda bisa mendapat informasi lebih lengkap terkait cara setting smartphone melalui video-video tersebut.

  2. Solusi Kendala Pada Jaringan Internet
    Untuk kendala pada jaringan internet bisa beragam, misal modem Anda rusak, internet provider mengalami gangguan, kuota internet Anda habis dan lain lain. Jika sistem aplikasi ojek online mengalami kendala pada jaringan internet, maka solusi paling mudah adalah menggunakan internet provider lain yang lebih memadai.

  3. Solusi Kendala Pada Server
    Jika mengalami kendala pada server aplikasi ojek online maka Anda perlu melakukan perbaikan pada server. Misal dengan me-restart server, me-restart service pada server ataupun me-restore backup data server. Cara paling mudah mengatasi kendala pada server adalah dengan menghubungi dan meminta bantuan penyedia layanan server yang Anda gunakan.

Beda kendala, beda solusi. Selain harus mengetahui bagian mana yang mengalami kendala, Anda perlu menentukan cara paling tepat dan efektif untuk mengatasi kendala tersebut. Setelah membaca informasi diatas kini Anda sudah medapat gambaran bagaimana solusi cara mengatasi kendala pada sistem aplikasi ojek online.

 

Jenis Jenis Kendala Pada Sistem Aplikasi Ojek Online

Kendala pada sistem aplikasi ojek online bisa sangat beragam, untuk itu kami akan merangkum kendala sistem aplikasi ojek online menjadi 4 jenis yaitu :

  1. Kendala Insidental
    Kendala insidental adalah kendala berupa insiden yang memiliki ciri khas yaitu Terjadi Sewaktu-waktu dan Tidak Dapat Di Prediksi. Kendala seperti ini sangat sulit untuk dianalisa penyebabnya karena secara karakter kendala ini hanya terjadi sewaktu-waktu (tidak selalu terjadi) sehingga tidak bisa di rekonstruksi.

    Sesuai karakter kendala tersebut maka yang bisa Anda lakukan adalah pencegahan sebelum kendala terjadi dan perbaikan setelah kendala terjadi. Contoh pencegahan sebelum kendala terjadi yaitu dengan melakukan backup data setiap rentang waktu tertentu. Contoh perbaikan setelah kendala terjadi yaitu dengan me-restore data yang sudah di backup tersebut setelah kendala terjadi. Contoh kendala insidental yaitu :
    1. Serangan Hacker
    2. Media Penyimpanan Corrupt
    3. Bencana Alam
    4. Kebakaran
    5. Korsleting / Mati Listrik
    6. Kabel Internet Bawah Laut Putus
    7. Kerusuhan
    8. Perang
    9. Kendala Lain Yang Bisa Terjadi Sewaktu-waktu Dan Tidak Dapat Di Prediksi.

  2. Kendala Lokal
    Kendala lokal sesuai namanya adalah kendala yang memiliki ciri khas : Terjadi Secara Lokal. Kendala seperti ini harus ditangani secara lokal pada bagian yang mengalami masalah. Sebagai contoh kendala terjadi pada suatu smartphone, maka yang harus diperbaiki adalah smartphone tersebut. Baik dengan cara di setting, di install ulang ataupun diganti jika memang tidak kompatibel.

    Kendala lokal juga bisa terjadi pada jaringan internet, misal provider internet IndiHome di kota A mengalami kendala, sedangkan di kota B tidak mengalami kendala. Maka masalah harus diselesaikan secara lokal pada provider internet di kota A (yang bermasalah) tersebut. Contoh kendala lokal yaitu:
    1. Smartphone Tidak Kompatibel / Tidak Memadai
    2. Setting Smartphone Tidak Sesuai
    3. Koneksi Internet Smartphone Bermasalah
    4. Kendala Lain Yang Bersifat Lokal.

  3. Kendala Layanan Pihak Ketiga
    Kendala pada layanan pihak ketiga memiliki ciri khas dimana suatu fitur pada sistem aplikasi ojek online mengalami kendala akibat adanya masalah pada Layanan dan Ketentuan Layanan Pihak Ketiga.

    Sebagai contoh jika Anda menggunakan layanan DuitKu untuk fitur payment gateway, sementara sistem DuitKu mengalami kendala maka fitur top up pada sistem aplikasi ojek online juga akan mengalami kendala. Contoh kendala layanan pihak ketiga yaitu :
    1. Layanan Pihak Ketiga Mengalami Kendala Insidental
    2. Pihak Ketiga Menghentikan Layanan / Produk Mereka
    3. Pihak Ketiga Merubah Ketentuan Layanan
    4. Pihak Ketiga Melakukan Perubahan Sistem (Sehingga Tidak Kompatibel)
    5. Kendala Lain Yang Disebabkan Adanya Kendala Pada Layanan Dan Ketentuan Layanan Pihak Ketiga.

  4. Kendala Akibat Kesalahan Kode (Bugs)
    Kendala akibat kesalahan kode adalah kebalikan dari ketiga jenis kendala diatas. Kendala akibat kesalahan kode memiliki ciri khas yaitu Selalu Terjadi (tidak sewaktu-waktu), Terjadi Di Semua Bagian Tertentu (tidak terjadi secara lokal), dan Tidak Disebabkan Oleh Pihak Ketiga. Kendala dengan ciri khas tersebut terjadi akibat kesalahan kode sehingga harus diperbaiki pada code sistem aplikasi, baik pada code aplikasi ataupun code pada server (web ataupun API).

    Contoh kendala akibat kesalahan kode yaitu suatu tombol pada aplikasi tidak berfungsi pada semua smartphone dan semua jaringan internet meskipun sedang tidak ada kendala pada layanan pihak ketiga. Jika mengalami kendala seperti ini maka solsuinya adalah menghubungi developer aplikasi untuk melakukan perbaikan code pada aplikasi.

 

Demikian jenis-jenis kendala yang ada pada sistem ojek online. Dari 4 jenis kendala tersebut, yang dapat di tangani oleh developer aplikasi adalah kendala nomor 4 yaitu kendala akibat kesalahan kode (bugs). Kendala insidental, kendala lokal dan kendala layanan pihak ketiga diluar dari tanggung jawab developer aplikasi. Pastikan untuk memahami layanan dan ketentuan layanan developer aplikasi sebelum menggunakan jasa developer aplikasi tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait kendala pada sistem aplikasi ojek online dan solusi / cara mengatasi kendala pada sistem aplikasi ojek online. Semoga informasi pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.






BALIMOBI merupakan penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Android, Aplikasi IOS dan Website. BALIMOBI menawarkan kualitas layanan yang Handal, Cepat dengan Biaya Terjangkau.

Telp:0877 6272 1414
WA:0877 6272 1414
Email:info@balimobi.com
Alamat:
Jln. Damai, Gg. Kamboja No 22
Ds. Kalibukbuk, Kab. Buleleng
Bali - Indonesia
Hubungi Jasa Buat Aplikasi Android iOS

ARTIKEL TERBARU


Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8 Pembuatan Aplikasi Ojek Online Android IOS Versi 8

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Bronze

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Silver

Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold Aplikasi Ojek Online Android IOS Paket Gold

Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online Profesional Skala Nasional


Whatsapp BALIMOBI
Whatsapp BALIMOBI